+ -

Pages

Jumat, 09 Maret 2012

Sangat Membosankan Hidup di Surga!!!


Dulu saya pernah bersekolah di Madrasah (walaupun gak sampai lulus) , saya banyak diajarkan segala hal tentang Agama.  Guru saya pernah bercerita tentang Indah nya SURGA, gak cuman guru di Madrasah sih , Kadang Guru Agama saya dari SD sampai SMA pernah bercerita sama tentang Surga. Dan kali ini saya akan membahas “Bayangan Surga di yang pernah terlintas di pikiran ku”.

Banyak sekali orang yang menginginkan dirinya kelak kalau “Mati Masuk Surga”, kadang keinginan tersebut tidak di imbangi oleh usaha untuk mendapat tempat disurga. Dan KATANYA (karena saya bukan ahli agama) masuk surga itu ada syaratnya, berikut ini Syarat orang masuk surga (versi ISLAM) dari Guru Agama saya :
1. Beriman Kepada Allah, Malaikat, Rosul, Kitab, Hari kiamat, Qada dan Qadar.
            2.  Beribadah Kepada Allah..
            3.  Puasa Romadhon, Sholat wajib 5 waktu, berzakat, dan Ibadah Haji kalau mampu..
            4.  Dll.

Sebenarnya sih masih banyak lagi syaratnya, tapi cuman pelajaran itu yang saya ingat sekarang (yang wajib-wajib aja, hehehh…). Dalam sebuah hadist ada penjelasan tentang ketetapan Surga dan Neraka : Dari Abu ‘Abdirrahman Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, bahwa Rasulullah telah bersabda, – dan beliau adalah orang yang jujur dan dibenarkan -“Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nutfah, kemudian menjadi ‘alaqoh (segumpal darah) selama itu juga lalu menjadi mudhghoh (segumpal daging) selama itu juga, kemudian diutuslah malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya lalu diperintahkan untuk menuliskan 4 hal: rezeki, ajal, amal dan celaka/bahagianya. Maka demi Allah yang tiada Ilah selain-Nya, ada seseorang diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan surga kecuali sehasta saja, kemudian ia didahului oleh ketetapan Allah lalu ia melakukan perbuatan ahli neraka dan ia masuk neraka. Ada diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli neraka sehingga tidak ada lagi jarak antara dirinya dan neraka kecuali sehasta saja. kemudian ia didahului oleh ketetapan Allah lalu ia melakukan perbuatan ahli surga dan ia masuk surga.” (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam Bad’ul Khalq).

Saya disini bukan mau membahas Syarat Masuk Surga atau Neraka, tapi seperti Apakah SURGA itu??? Kenapa semua orang menginginginkanya??? Sebegitu Indah kah???
Mari kita deskripsikan Surga menurut para ahlinya dulu :

   1.  Menurut Wikipedia :
Surga (disebut juga sorga) adalah suatu tempat di alam akhirat yang dipercaya oleh para penganut beberapa agama sebagai tempat berkumpulnya roh-roh manusia yang semasa hidup di dunia berbuat kebajikan sesuai ajaran agamanya. Istilah ini berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Svarga.
  2.  Menurut Al-Quran :
“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka”. (Ar-Ra'du 13:35)
 3. Konsepsi Islam tentang surga. Kata Jannah Arabadalah versi singkat yang berarti hanya "Garden". Menurut eskatologi Islam, setelah kematian, orang akan berada dalam kubur sampai kebangkitan ditunjuk pada Yawmal-Qiyamah. Muslim percaya bahwa perlakuan terhadap individu dalam kehidupan kuburakan sesuai dengan perbuatan nya dalam kehidupan duniawi. Jannah sering dibandingkan dengan konsep Kristen tentang Surga. Menurut kepercayaan Islam, semua merindukan satu di dunia ini, akan ada di surga.

Setiap muslim percaya bahwa semua manusia dilahirkan suci. Dalam Islam pula, jika ada seorang bocah yang mati, maka secara otomatis akan pergi ke surga, tanpa memedulikan agama kedua orang tuanya. Surga tertinggi tingkatnya adalah Firdaus , dimana para nabi dan rasul, syuhada dan orang-orang saleh.
Tingkatan dan nama-nama syurga ialah:
1.       Jannatul Firdaus yaitu surga yang terbuat dari emas merah.
2.       Jannatul 'Adn yaitu surga yang terbuat dari intan putih.
3.       Jannatun Na'iim yaitu surga yang terbuat dari perak putih.
4.       Jannatul Khuldi yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning.
5.       Jannatul Ma'wa yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau.
6.       Darus Salaam yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah.
7.       Darul Jalal yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.
8.       Darul Qarar yaitu surga yang terbuat dari emas merah.

Tapi, pernah suatu ketika saya berfikir, “Apakah enak dan nikmat Hidup Di Surga???”

Merurut semua orang, baik yang ahli agama atau pun yang masih awam pasti berpendapat hidup disurga itu enak dan nikmat, berbeda jauh dengan pikiran saya waktu itu. Dasar sifat saya Pembosan(borring bahasa gaulnya, hehehhe) karena pengalaman hidup saya akan meninginkan suatu hal, kemudian tercapai, mengingingkan sesuatu lagi dan tercapai lagi, berulang-ulang membuat jadi orang yang selalu bosan akan semua hal. Dan juga saya orang nya masih remaja, bukan ahli agama(lugu), masih proses pencarian jati diri akan makna hidup dan sangat rentan terhadap setiap omongan orang lain, saya berfikir “Sangat Membosankan Hidup di Surga!!!

Mengapa saya berfikir seperti itu???

Karena itu tadi pengalaman saya, saya berfikir Surga itu sangat-sangat membosankan karena katanya Hidup di Surga itu enak, apapun yang kita inginkan ada dan bisa dipenuhi, tidak ada kata kekurangan suatu hal apapun, tapi munurut saya itu “SANGAT MEMBOSANKAN”, hidup yang semuanya serba ada tanpa usaha, tidak ada halangan rintangan dan masalah yang menghadang. Jadi hidup di Surga terkesan “MONOTON”, lurus-lurus saja jalan hidupnya. Lebih enak hidup di dunia ini yang nyata, lebih berwarna, banyak masalah, kadang belak-belok alur kehidupan ini. “I LIKE THIS LIFE”. Walaupun saya sadar nanti akan mati juga.

                Itulah sepenggal cerita dari terlintas suatu pikiran di otak saya dahulu yang masih lugu, setiap orang pasti berpendapat beda-beda, inilah asyiknya hidup kita sekarang. Lebih berwarna…!!!



5 Rifky Fuady: Sangat Membosankan Hidup di Surga!!! Dulu saya pernah bersekolah di Madrasah (walaupun gak sampai lulus) , saya banyak diajarkan segala...

8 komentar:

  1. Saya sempat punya pemahaman yang sama dengan Anda, yaitu pasti sangat membosankan hidup di syurga, karena disana kita akan mendapatkan Infinity Pleasure tanpa usaha apapun, saran dari saya adalah, saat anda jadi Manusia di dunia, tentu Anda akan berfikir layaknya manusia yang hidup sekarang, tetapi saat Anda masuk syurga (aamiin) keyakinan saya mengatakan bahwa anda akan kehilangan sifat kemanusiawian anda yang pembosan dan monoton, kita bukanlah siapa2, hanya Allah yang berhak menentukan gerak gerik kita, tolong balas komentar ini untuk diskusi yang lebih hangat dan memperluas wawasan. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takabur org2 yg menilai surga membosankan! Machluk terlalu sombong menilai CHALIK.

      Hapus
    2. Takabur org2 yg menilai surga membosankan! Machluk terlalu sombong menilai CHALIK.

      Hapus
    3. aNDA SALAH BAGAIMANA JIKA DENGAN KUASA ALLAH RASA BOSAN ITU SELALU HILANG DAN MUNCUL KEMBALI SEMANGAT MEMBARA??? JANGAN SOMBONG

      Hapus
  2. dari pernyataan anda "keyakinan saya mengatakan bahwa anda akan kehilangan sifat kemanusiawian anda yang pembosan dan monoton", Anda merasa bahwa manusia tidak bisa berfikir........... :D berarti siapa yg bisa berfikir dan tidak bisa berfikir mohon maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  3. Semoga kamu masuk neraka, nak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan yang kurang baek... :)

      Hapus
  4. kamu diuji sedikit aja mengeluh gimana bisa masuk surga

    BalasHapus

< >